Cara Mudah Menjawab, Apa itu Pemasaran Produk?

By

Najmi Salam

| Published

Meskipun masih banyak orang diluar sana merasa kesulitan dalam menjawab pertanyaan ini, kamu tidak perlu khawatir. Karena kita akan sama-sama belajar untuk menjawab pertanyaan Apa itu Pemasaran Produk?.

Don’t find customers for your products, find products for your customers.

Seth Godin

Apa yang dimaksud oleh salah satu penulis terkenal untuk strategi pemasaran Seth Godin adalah betapa pentingnya untuk mengenali produk yang diinginkan oleh pelanggan terlebih dahulu sebelum memasarkannya. Karena pemasaran produk tidak hanya sekedar melihat dari sisi bisnis, tetapi juga para konsumer.

Sederhananya, Apa yang diinginkan pelanggan? Cari tahu, lalu pasarkan ke mereka.

Setelah melawati proses yang bisa dibilang tidak mudah dilalui (R&D), barulah kita bisa berbicara tentang Pemasaran ProdukĀ

Apa itu Pemasaran Produk?

Pemasaran produk adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan, menjual, mempromosikan, dan mendistribusikan produk atau jasa kepada konsumen. Hal ini bertujuan agar memastikan semua para pebisnis dapat memenuhi kebutuhan dari pelanggan atau target pasar tertentu secara efektif. Pada waktu yang bersamaan, membuat produk yang kita tawarkan dalam pasar menjadi solusi untuk masalah-masalah para pelanggan. 

Seorang pemasar dapat menghabiskan harinya dengan menentukan posisi dan membuat pesan yang efektif untuk meluncurkan produk dan fitur baru kepada konsumen, dan membantu pegawai lain menjadi dalam menjualnya. 

Kenapa Pemasaran Produk Penting?

Pemasaran produk penting? Ini tidak hanya penting, ini sangat krusial.

Baca juga  5 Fungsi Spesial ChatGPT (AI) untuk Pemasaran

Ketika sebuah perusahaan ingin memperkenalkan produk atau jasa untuk dijual. Produk dan layanan yang ditawarkan harus memenuhi keinginan dan preferensi pembeli potensial. Selain itu, harga harus ditetapkan pada tingkat yang menarik orang untuk melakukan pembelian.

Nike – Pemasaran Produk yang Sukses

Nike adalah contoh yang bagus dalam pemasaran produk yang memanfaatkan daya tarik merek dan pemahaman yang mendalam tentang target audiens. Melalui kampanye pemasaran yang menginspirasi dan mengedepankan gaya hidup aktif, Nike telah berhasil membangun kesetiaan pelanggan dan menghubungkan merek mereka dengan atlet dan pecinta olahraga di seluruh dunia

Disamping itu, salah satu faktor penting dalam pemasaran produk Nike adalah strategi penetapan harga yang mereka terapkan. Nike menawarkan produk dengan harga yang beragam, mulai dari kategori yang lebih terjangkau hingga produk-produk yang lebih premium.

Dengan kombinasi strategi harga yang tepat, diferensiasi produk, dan penggunaan merek yang kuat, Nike telah berhasil menarik dan mempertahankan pelanggan yang setia di seluruh dunia. Pemasaran produk yang efektif mereka membantu menciptakan persepsi nilai yang tinggi bagi konsumen dan memberikan alasan bagi mereka untuk memilih produk Nike dibandingkan merek lain dalam industri olahraga.

Yang terpenting adalah bagaimana caranya membuat persepsi jika produk yang kita tawarkan penting untuk para konsumen

5 Elemen Penting dalam Pemasaran Produk

1. Riset tentang Konsumen dan Pasar

Riset tentang mereka dapat dilalui dengan menjawab pertanyaan dibawah:

  • Siapa target pasarnya?
  • Apa persyaratan mereka?
  • Apa ciri khas mereka?
  • Apa yang mereka suka dan tidak suka tentang produk kita?
  • Mengapa mereka memilih kompetisi daripada kami?
  • Menurut mereka bagaimana kita bisa menjadi lebih baik?
  • Hal-hal baik apa yang mereka katakan yang dapat diubah menjadi studi kasus?
Baca juga  Apa itu Technology Management?

Sederhana, tapi sangat berguna.

2. Cerita Dibalik Produk

Hanya memiliki produk berkualitas tinggi tanpa pemasaran yg baik tidak cukup untuk bisa menarik perhatian para pelanggan. 

Pesan produk mengacu pada komunikasi dan bahasa yang digunakan untuk menyampaikan nilai, manfaat, dan fitur dari suatu produk tertentu kepada audiens target. Tujuannya adalah menciptakan pesan yang persuasif dan meyakinkan yang secara efektif, dan mengkomunikasikan proposisi penjualan unik (USP) dari produk tersebut dan sesuai dengan para pelanggan yang dituju.

3. Pemasaran Konten

Perkembangan teknologi sangat membantu para pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka melalui berbagai macam media sosial, seperti Instagram, TikTok, Youtube dan Facebook. 

Pemasaran konten yang baik mengacu pada pembuatan dan distribusi konten yang berharga, relevan, dan menarik untuk menarik dan mempertahankan audiens target, yang pada akhirnya mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. 

Ini melibatkan pengembangan dan berbagi konten secara strategis yang selaras dengan kebutuhan, minat, dan preferensi pasar sasaran, dengan tujuan membangun kesadaran merek, membangun kepemimpinan pemikiran, dan menjaga hubungan pelanggan.

4. Mengelola Peluncuran Produk

Usaha yang kita lakukan di awal akan menentukan hasil akhir. Sama halnya, dalam peluncuran produk, ini akan menjadi persepsi dari setiap konsumen yang melihatnya.

Pengelolaan peluncuran produk mengacu pada proses perencanaan, koordinasi, dan pelaksanaan pengenalan produk baru ke pasar. Ini melibatkan berbagai kegiatan dan strategi yang bertujuan untuk memastikan peluncuran yang sukses dan berdampak, menarik perhatian pelanggan, dan mendorong penjualan awal.

5. Pelaporan Keberhasilan Pemasaran Produk

Pelaporan keberhasilan pemasaran produk adalah proses pengumpulan, analisis, dan penyajian data dan informasi terkait hasil dan performa kegiatan pemasaran produk. Hal ini melibatkan mengukur dan mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran, tujuan yang dicapai, dan dampak yang dihasilkan oleh upaya pemasaran yang dilakukan.

Baca juga  Entrepreneurial Marketing: Punokawan Mendunia

Leave a Comment