Seorang pengusaha (entrepreneur) wajib memiliki mindset entrepreneur yang kuat guna melakukan kegiatan perusahaan dalam hal menciptakan, mengembangkan, memasarkan, serta mengatur jalannya bisnis. Mindset menjadi kunci utama yang penting bagi seorang pengusaha untuk membawanya menuju kesuksesan. 

Banyak pengusaha sukses di luar sana yang berhasil menerapkan kombinasi mindset antara creativity-innovation mindset dan entrepreneurship-leadership mindset (CI-EL). Kombinasi ini tidak hanya menjadi pola pikir mereka, melainkan juga sikap dan keyakinan yang memungkinkan mereka untuk merancang, mengembangkan dan mewujudkan ide-ide baru dalam bisnis mereka.

Lantas, seperti apa karakteristik pada CI-EL mindset? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Konsep CI-EL sebagai Mindset Entrepreneur

Pada hakikatnya, motivasi dan semangat yang tinggi tidaklah cukup untuk menjadikan Anda sebagai pengusaha yang sukses. Perlu adanya suatu pola pikir dan keyakinan yang kuat untuk mendorong Anda sampai pada tujuan yang diinginkan.

Oleh karena itu, CI-EL (Creativity, Innovation, Entrepreneurship, Leadership) hadir sebagai sebuah konsep dan pola pikir yang digagas oleh MarkPlus, Inc untuk menggabungkan hard skill dan soft skill pada seorang entrepreneur (pengusaha). Berikut ini akan dijelaskan karakteristik dan implementasi dari CI-EL mindset.

Mindset Entreprenur (CI-EL)

Creativity & Innovation Mindset (CI)

Kreativitas dan inovasi merupakan dua konstruksi independen yang saling melengkapi dan menjadi rangkaian pola pikir yang wajib dimiliki seorang pengusaha. Kreativitas membutuhkan ide, wawasan atau solusi untuk memecahkan masalah. Sementara, inovasi melibatkan penerapan ide-ide, wawasan atau solusi untuk memecahkan masalah.

Singkatnya, kreativitas menjadi akar atau sumber yang menentukan inovasi, dan inovasi menjadi bentuk konkret atau penerapan dari proses kreativitas. Keduanya menjadi hal mendasar bagi pengusaha untuk menciptakan ide, produksi, mewujudkan sesuatu, dan menerapkan hal-hal baru pada perusahaan.

Baca juga  13 Tips Mengatasi Gugup Saat Presentasi dan Penyebabnya

Apabila Anda memiliki mindset tersebut, maka Anda dipersepsikan memiliki karakteristik dan kemampuan-kemampuan berikut ini.

1. Pemikiran Terbuka 

Apabila Anda memiliki creativity & innovation mindset, maka Anda berpikir secara terbuka terhadap berbagai ide dan perspektif. Anda tidak terpaku pada cara-cara konvensional atau status quo, melainkan siap menerima ide-ide baru.

2. Rasa ingin Tahu yang Tinggi

Anda selalu ingin tahu dan berusaha untuk memahami lebih dalam tentang berbagai aspek bisnis, teknologi, dan tren pasar. Anda selalu bertanya pertanyaan yang kritis dan mencari jawaban yang mendalam.

3. Kemampuan Berimprovisasi

Anda dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan dan mengatasi masalah yang muncul dengan solusi kreatif. Mereka tidak terpaku pada rencana yang sudah ada, tetapi siap untuk merespons situasi yang berkembang.

4. Komitmen pada Inovasi Berkelanjutan

Inovasi bukanlah satu-satunya tindakan, namun suatu proses berkelanjutan. Anda akan selalu mencari cara untuk meningkatkan produk atau layanan perusahaan agar tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Entrepreneurship & Leadership Mindset (EL)

Pada hakikatnya, seorang individu yang memiliki entrepreneurship mindset mampu mengidentifikasi dan memahami berbagai permasalahan serta melihat peluang dari permasalahan tersebut. 

Ia juga mampu mengambil risiko yang telah diperhitungkan serta berkolaborasi dengan banyak pihak untuk mengatasi permasalahan yang ada. Hal-hal tersebut pada akhirnya dapat menciptakan nilai, baik bagi perusahaan maupun pelanggan.

Sementara, individu dengan leadership mindset memiliki pengaruh yang kuat pada orang lain melalui kemampuan intelektual, emosional dan spiritualnya. Pola pikir seperti ini sangat dibutuhkan sebagai tonggak berdirinya perusahaan karena dapat membantu pengusaha untuk memimpin tim secara efektif, memotivasi anggota dan mencapai keberhasilan bisnis yang berkelanjutan.

Dua pola pikir di atas apabila digabungkan, maka dapat menjadi kombinasi rangkaian berpikir dan sikap yang potensial dan berdampak tidak hanya untuk perusahaan, namun juga untuk dunia. 

Baca juga  5 Alasan Mengapa Inovasi dalam Bisnis itu Penting

Sebagai contoh, pengusaha sukses, seperti Bill Gates, pendiri Microsoft, mampu menunjukkan kepemimpinan transformasionalnya yang tidak hanya memecahkan masalah di perusahaan, melainkan juga berperan dalam memecahkan masalah yang ada pada dunia melalui perusahaannya.

Apabila Anda memiliki kedua mindset tersebut, maka Anda dipersepsikan memiliki karakteristik dan kemampuan-kemampuan berikut ini.

1. Risk-Taker (Pengambil Risiko)

Anda berani mengambil risiko, namun tetap melakukannya dengan pertimbangan yang matang. Anda tidak takut gagal, namun Anda juga memiliki perencanaan darurat dan strategi cadangan.

2. Opportunity Seeker

Anda selalu mencari peluang baru, baik itu dalam tren pasar yang berkembang atau dalam perubahan teknologi. Anda berusaha untuk melihat peluang di mana orang lain mungkin tidak melihatnya.

3. Visi dan Kepemimpinan Transformasional

Anda memiliki visi yang jelas tentang arah yang ingin dicapai oleh perusahaan, sehingga Anda mampu menginspirasi dan memotivasi anggota untuk berbagi visi tersebut dan berkontribusi untuk mencapainya.

4. Berkolaborasi 

Anda mampu bekerja sama dengan anggota tim dan pemangku kepentingan lainnya (stakeholders), seperti mendengarkan sudut pandangan dan saran mereka, serta bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan.

5. Kemampuan Komunikasi yang Efektif

Anda mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif dalam menyampaikan visi, tujuan, dan arahan dengan baik kepada anggota tim dan orang lain dalam organisasi.

Penutup

Penjelasan di atas merupakan sedikit contoh dari mindset dan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh pengusaha agar mampu mencapai kesuksesan. Apabila Anda ingin mempelari dan mengasahnya lebih mendalam, Anda dapat bergabung pada program Executive MBA in Strategic Marketing SBM ITB bersama Markplus Institute.

Program ini merupakan pascasarjana pertama dan satu-satunya dalam bidang pemasaran strategis di Indonesia yang dirancang untuk memberikan Anda pemahaman tentang bagaimana strategi pemasaran harus dirumuskan dalam lanskap Indonesia dan ASEAN, termasuk mengasah kemampuan dan mindset seorang entrepreneur.

Sebagian besar mata pelajaran dibuat untuk memberikan sudut pandang yang lebih kontekstual sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia saat ini dan di masa mendatang sehingga cocok untuk Anda yang telah memiliki pengalaman kerja berkualitas tinggi dan orang yang ingin menambah pengetahuan tentang Strategic marketing.

Baca juga  6 Cara Membangun Strategi Digital Marketing

Tunggu apalagi? Pantau informasi pendaftarannya di sini.

Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment