The 90th Jakarta CMO Club telah berhasil bersama MCorp dan Allo Bank menghadirkan jajaran direksi andal serta berpengalaman untuk membahas perkembangan terbaru dalam industri fintech di Indonesia pada Jumat, 23 Juni 2023. 

Berkolaborasi bersama Allo Bank, sebuah platform bank digital, kali ini The 90th Jakarta CMO Club membahas bagaimana Allo Bank memanfaatkan inovasi dan transformasi digital di tengah perkembangan teknologi yang pesat. 

Dalam acara ini, peserta pun mendapatkan insight mendalam mengenai tren terkini dalam industri fintech, serta mempelajari strategi yang sukses nan inovatif yang diadopsi oleh Allo Bank.

Sejatinya, nama Allo Bank berasal dari singkatan all in one. Hal itulah yang mendorong bank hasil akuisisi Bank Harda Internasional ini menjadi layanan bank digital lengkap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Salah satu strategi yang diterapkan oleh Allo Bank adalah customer-centric strategy. Di mana Allo Bank, sebagai digital banking, menangkap peluang bahwa saat ini masyarakat menginginkan super-app yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Hal tersebut telah dilakukan oleh Allo Bank, mulai dari menyajikan berbagai promo, manfaat beragam, hingga pengalaman digital banking yang seamless melalui ekosistem CT Corps. 

Nasabah Allo Bank juga bisa menikmati beragaim benefit saat bertransaksi melalui program Membership, Points & Coupons (MPC) secara otomatis. Dengan kata lain, Allo Bank selalu mengedepankan kolaborasi yang kuat sebagai kunci untuk memenuhi semua kebutuhan target pasarnya.

Selain itu, Allo Bank juga menggunakan strategi influencer marketing, di mana platform bank digital ini menghadirkan artis Korea lewat event akbar agar dapat meraih awareness dari masyarakat luas. 

Bisa dibilang, event akbar dan artis Korea yang didatangkan oleh Allo Bank terbilang sukses. Sebab, Allo Bank berhasil menarik nasabah Generasi Z (Gen Z) dan milenial dengan komposisi mencapai 55%.

Baca juga  Psychology of Money: Memaknai Kembali Maksud dari ‘Memiliki’

Menurut Indra Utoyo, selaku Direktur Utama Allo Bank, bank ini telah berhasil menggarap jumlah nasabah sebanyak 6 juta orang selama setahun dan tercatat telah meraih ekuitas sebesar Rp6,5 triliun, aset Rp12,2 triliun, dan pendanaan Rp5,1 triliun.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap mengenai strategi sukses Allo Bank, yuk simak di bawah ini!

3 Kunci Sukses dari Allo Bank

Jakarta CMO Club

Tak hanya itu, Hermawan Kartajaya, selaku Founder sekaligus Chairmain MarkPlus, Inc juga memaparkan terkait strategi “The Three Key Drivers of Successful Startup” The 90th Jakarta CMO Club yang mengacu pada tiga faktor utama dalam membangun keberhasilan sebuah startup. Berikut masing-masing penjelasannya:

Future Value (Nilai Masa Depan)

Pilar pertama mengacu pada future value atau nilai masa depan, di mana poin dari fondasi ini adalah menciptakan visi jangka panjang dan nilai yang berpotensi oleh suatu perusahaan startup di masa depan. 

Sebuah perusahaan startup harus bisa menganalisis dan menyediakan pemahaman mendalam tentang bagaimana produk atau layanannya dapat memberikan manfaat atau value-added dan menjadi solusi inovatif bagi pangsa pasar yang dituju.

Jika ingin berhasil memenangkan pasar, Anda harus memiliki gagasan yang jelas mengenai value yang akan disuguhkan ke publik hingga unique selling point atau keunikan apa yang membedakannya dari pesaing.

Dengan fokus pada pilar ini, Anda mampu menetapkan tujuan yang jelas, mengidentifikasi peluang baru, dan mendorong inovasi yang sustainable dalam pengembangan produk atau layanan selanjutnya.

Growth (Pertumbuhan)

Selanjutnya ada Growth atau Pertumbuhan. Berbicara tentang keberhasilan sebuah startup, pilar ini menjadi faktor kunci karena melibatkan peningkatan skala bisnis. Mulai dari pertumbuhan pendapatan, pangsa pasar, jumlah pelanggan, atau ekspansi geografis. 

Baca juga  Marketing 3.0: Collaborative, Cultural, dan Spiritual

Perlu diketahui, bahwa startup yang sukses cenderung mengalami pertumbuhan pesat dan signifikan dalam periode yang relatif singkat. Maka dari itu, strategi pertumbuhan yang jelas dalam Allo Bank sangatlah penting karena dapat membantu untuk akuisisi pelanggan baru, melakukan pengembangan produk, hingga ekspansi ke pasar baru.

Profit (Profitabilitas)

Terakhir, Profit atau Profitabilitas menjadi elemen yang tak kalah penting dalam jangka panjang bagi sebuah perusahaan startup. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kelangsungan bisnis, sehingga perusahaan startup harus mencapai profitabilitas sesuai target. 

Dengan mencapai proftabilitas, Allo Bank mampu mencukupi biaya operasional, inovasi pengembangan produk, serta memberikan nilai bagi para pemangku kepentingan, seperti pemilik saham dan investor. 

Oleh karena itu, Allo Bank mengembangkan model bisnis yang efisien dan scalable, sehingga mampu menciptakan profitabilitas yang konsisten dan berkelanjutan. Sebab, hal tersebut menjadi indikator keberhasilan startup dalam jangka panjang. 

Entrepreneurial Marketing, Resep Tambahan dalam Membangun Bisnis 

Di samping The Three Key Drivers of Successful Startup, Hermawan Kartajaya di The 90th Jakarta CMO Club membagikan konsep Entrepreneurial Marketing (EM) sebagai model pemasaran untuk membangun sebuah bisnis.

Dalam EM, terdapat dua elemen. Pertama, bagian Entrepreuneurial yang terdiri dari Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership (CI-EL). Selanjutnya, bagian Professionalism yang terbagi dalam Productivity, Improvement, Professionalism, dan Management (PI-PM). 

Dengan menggunakan pendekatan EM, diharapkan para pebisnis dapat menerapkan strategi tersebut sehingga bisa mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pangsa pasar yang dituju. Konsep ini juga membantu perusahaan untuk tetap fleksibel, lincah, dan kreatif dalam mengikuti perkembangan teknologi di era digital saat ini. Sehingga, pendekatan ini dapat membawa perusahaan mencapai kesuksesan jangka panjang. 

Kesimpulan

Itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai kunci sukses Allo Bank dalam memenangkan hati pelanggannya dengan menerapkan beberapa strategi yang dipaparkan oleh Hermawan Kartajaya dan Indra Utoyo, Direktur Utama Allo Bank, di The 90th Jakarta CMO Club.

Baca juga  Think Again: Menimbang Ulang Proses Berpikir Kita

Secara keseluruhan, kunci keberhasilan Allo Bank terletak pada tiga pilar utamanya, yaitu Future Value, Growth, dan Profit. Dalam menjalankan bisnis, perusahaan startup harus mendefinisikan tujuan utamanya dalam jangka panjang, lalu menciptakan strategi untuk mencapai pertumbuhan yang sukses, sehingga dapat mencapai profitabilitas yang diingingkan. 

Di sisi lain, perusahaan startup juga perlu mengadopsi pendekatan Entrepreneurial Marketing, yang menggabungkan Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership (CI-EL), serta Productivity, Improvement, Professionalism, dan Management (PI-PM) dalam kelangsungan bisnisnya untuk mencapai keberhasilan.

Apabila Anda ingin memperdalam dan menambah wawasan terkait dunia bisnis dan marketing, jangan lupa untuk selalu cek Blog MarkPlus Institute ya!

Avatar for Fachri Rizki
SEO Content Writer at MarkPlus Institute

Leave a Comment